Jumat, 04 Desember 2009

upacara di candi prambanan

Ribuan Umat Hindu Gelar Upacara di Candi Prambanan

Selasa, 01 April 2003 | 14:41 WIB

TEMPO Interaktif, Yogyakarta:Sekitar 10.000 umat Hindu asal Jawa Tengah dan DI Yogyakarta melaksanakan upacara Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan, Yogyakarta. Upacara Tawur Agung yang dilakukan Selasa (1/4) ini, merupakan rangkaian upacara Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1925 (2003).
Sejak pagi umat Hindu mulai memasuki arena upacara di halaman Selatan Kompleks Candi Prambanan. Puluhan aparat kepolisian dari Polres Sleman dan Polda DIY diterjunkan untuk melakukan pengamanan maupun mengatur arus lalulintas yang sangat padat di jalur Yogya-Solo.

Satu jam sebelumnya dilakukan upacara Mendak Tirta atau prosesi air suci di Candi Brahma, Candi Wisnu dan Candi Siwa di kompleks Candi Prambanan. Upacara Mendak Tirta ini hanya diikuti sebagian kecil umat dipimpin oleh tiga rohaniwan Hindu. Selain berdoa, mereka juga tiga kali mengelilingi Candi Brahma, Candi Wisnu dan Candi Siwa. Rombongan kemudian kembali ke lokasi upacara, diiringi beberapa Ogoh-ogoh dan disambut dengan tarian Rejang Dewa.

Puncak upacara berlangsung pukul 12.00 hingga pukul 13.00 WIB. Dipimpin Resi Gunawan Putra Kesuma Keniten dan Sri Begawan Istri Agung Ratu Gayatri, umat Hindu secara khusyuk melakukan ritual dan doa. Sebelum puncak upacara Tawur Agung Kesanga, lima Ogoh-ogoh yang dibuat oleh seniman-seniman Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menari-nari di depan umat.

Usai upacara Tawur Agung Kesanga di pelataran Candi Prambanan, pada sore harinya diselenggarakan upacara Pengerupukan di setiap pura yang ada di wilayah DIY. Sementara Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1925 mulai berlangsung tanggal 2 April 2003 pukul 06.00 hingga tanggal 3 April 2003 pukul 06.00.(Heru C.N—Tempo News Room)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar