Selasa, 24 November 2009

KIOS PRAMBANAN TERBAKAR

Puluhan Toko di Lokasi Candi Prambanan Ludes Terbakar

Sabtu, 26 September 2009 | 21:58 WIB

TEMPO Interaktif, Klaten - Lebih dari 50 kios pakaian dan aksesoris di lokasi taman wisata Candi Prambanan terbakar. Api melahap bangunan dan barang di lokasi tersebut sejak pukul 19.30 WIB.

Pedagang yang sudah tidak berada di tempat karena lokasi tersebut tutup sejak pukul 17.30 WIB, sebagian besar kembali untuk menyelamatkan barang dagangan yang masih tersisa.

Pemadam kebakaran datang setengah jam sejak api menyala dari dalam toko pakaian. Sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran dari Kabupaten Klaten dan Sleman ikut memadamkan api.

Seratusan polisi dari Dalmas dan Brimob mengamankan lokasi untuk mengantisipasi penjarahan.

"Api terlihat dari toko pakaian milik Pak Agus di sebelah barat, kemudian menjalar ke seluruh los toko lainnya," kata Wahyu (27), saksi yang melihat api pertama kali dan melaporkan ke pos polisi terdekat, Sabtu (26/9).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut karena para pedagang sudah tidak berada di toko masing-masing sejak pukul 17.30 WIB. Penyebab kebakaran belum bisa dipastikan. Namun, dugaan sementara akibat arus pendek listrik

"Kerugian materi diperkirakan lebih dari seratus juta, namun kami masih akan menghitung," kata Bambang S, Kepala Unit Candi Prambanan dari PT Taman Candi.

Kepala Kepolisian Sektor Prambanan, Klaten, Ajun Komisaris Heru Setyaningsih, mengatakan pihaknya mengamankan lokasi untuk mengantisipasi adanya penjarahan. Kebetulan para anggota Brimob dari Surakarta sedang betugas di Polsek Prambanan sehingga segera diperbantukan ke lokasi kebakaran.



Ratusan Kios Cinderamata di Candi Prambanan Terbakar
Bagus Kurniawan - detikNews

Klaten - Ratusan kios penjual cinderamata dan pakaian di Komplek Candi Prambanan, Klaten, ludes terbakar. Pemilik kios hanya bisa menatap pasrah barang dagangan dan uang mereka yang ludes disikat si jago merah.

Menurut beberapa saksi, api mulai berkobar pukul 20.30 WIB, Sabtu (26/9/2009). Api langsung membesar dan membakar 200 kios hingga nyaris tidak bersisa.

Sedikitnya 10 mobil pemadam kebakaran telah berada di lokasi. Namun karena luasnya lokasi penyebaran api, petugas kesulitan untuk memadamkan api. Hingga pukul 22.15 WIB, api masih berkobar.

Hanya sedikit pemilik kios yang berhasil menyelamatkan barang dagangannya, karena kios-kios ini telah kosong sejak pukul 18.00 WIB. Selain barang dagangan, mereka pun harus pasrah karena kehilangan barang berharga yang diletakan di dalam kios.

Hingga kini belum diketahui penyebab kebakaran maupun jumlah kerugian akibat kebakaran ini.
(rdf/rdf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar